Skip to content

Di mana kutemukan Tuhan

May 24, 2005

Kata Anthony De Mello, SJ:

‘Sudah bertahun-tahun lamanya aku mencari Tuhan. Telah kutinggalkan rumahku dan telah kucari Dia di mana pun Dia berada. Kata orang, Dia ada di puncak-puncak gunung, di tengah-tengah padang gurun, dalam keheningan biara-biara dan di dalam gubuk-gubuk kaum miskin.”Apakah engkau telah menemukanNya ?”Aku menipu diri, aku pendusta kalau aku menjawab ‘Ya’. Belum, aku belum menemukanNya, Bapak sudah ?’

‘Cahaya keemasan matahari senja menembus celah-celah kamar. Ratusan burung gereja berterbangan dari sebuah pohon beringin di luar sambil berkicau riang. Samar-samar terdengar deru kendaraan di jalan raya. Seekor nyamuk berdengung di dekat telinga, memberi petanda siap menggigit….’

Namun demikian, orang itu masih tetap duduk tepekur…

Kataku:

Sudah pergi aku ke puncak-puncak gunung; Ia tidak ada di sana
Sudah pergi aku ke biara-biara; Ia tidak ada di sana
Sudah pergi aku ke tempat-tempat suci; Ia tidak ada di sana
Sudah pergi aku ke gubuk-gubuk kaum miskin; Ia tidak ada di sana

Sudah tenggelam aku dalam litani dan doa-doa; Ia tidak ada di sana
Sudah tenggelam aku dalam ritual dan komunitas; Ia tidak ada di sana
Sudah tenggelam aku dalam buku-buku tentang Dia; Ia tidak ada di sana

Aku berbisik, “Dalam keheningan aku menemukan Tuhan”
Ia tersenyum kepadaku
Dan aku tersedu-sedu

One Comment leave one →
  1. January 14, 2008 02:09

    mp3 Anthony de Mello dapat di-download menggunakan bittorrent disini.

Leave a Reply

